Selasa, 24 November 2020

Pekan ASI 2020

Assalamualaikum Mamsi..


Dalam rangka pekan ASI 2020 ini..saya akan menceritakan pengalaman saat saya berjuang untuk melahirkan dan menyusui.

Sebelum saya bercerita, saya akan membahas betapa pentingnya IMD (Inisiasi Menyusui Dini) untuk Kesehatan Bayi ya Mamsi..

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) adalah langkah penting untuk memudahkan bayi dalam memulai proses menyusui. Bayi baru lahir yang diletakkan pada dada atau perut sang ibu, secara alami dapat mencari sendiri sumber air susu ibu (ASI) dan menyusu. Proses penting inilah yang disebut inisiasi menyusui dini (IMD).

Manfaat ASI telah terbukti berperan penting sebagai sumber makanan utama dan membantu memperkuat sistem kekebalan bayi baru lahir untuk melindunginya dari berbagai penyakit. Proses menyusui ini sebenarnya dapat dimulai dan dikuatkan dengan inisiasi menyusui dini. Sayang, belum banyak orang yang memahami pentingnya prosedur ini untuk bayi.

Manfaat IMD Bagi Ibu dan Bayi :

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan proses inisiasi menyusui dini dijalankan dalam satu jam pertama sejak bayi lahir. Caranya adalah dengan menempatkan bayi di dada ibunya segera setelah sang bayi lahir.

Bayi ini kemudian akan secara alami, tanpa dibantu, mencari puting ibunya untuk mengisap ASI. Ibu yang melahirkan normal dan kondisi bayi yang sehat setelah lahir menjadikan hal ini bisa segera dilakukan setelah melahirkan.

Berbagai manfaat inisiasi menyusui dini bagi ibu dan bayi, antara lain:

❤️ Meningkatkan kesempatan bayi memperoleh kolostrum

Kolostrum adalah tetes ASI pertama ibu yang kaya nutrisi dan membantu mencegah penyakit. Cairan pertama dari ASI ini biasanya berwarna kuning, sangat kental dan hanya sebanyak kira-kira satu sendok teh.

Mendukung keberhasilan ASI eksklusif

Inisiasi menyusui dini diketahui menunjang keberhasilan ASI eksklusif hingga setidaknya bayi berusia 4 bulan. Pemberian ASI eksklusif dianjurkan hingga bayi berusia 6 bulan, namun boleh dilanjutkan hingga anak berusia 2 tahun.

❤️ Memperkuat hubungan ibu dan bayi

Bukti menunjukkan bahwa kulit bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit ibunya (skin-to-skin contact) segera setelah lahir, dapat menciptakan keintiman yang lebih dalam dengan sang ibu. Lebih jauh, kulit tubuh bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit tubuh ibunya merupakan cara efektif untuk menenangkan bayi sakit, yang dapat dilakukan kapan saja. Hal ini juga membuat sang ibu lebih nyaman.

❤️ Meningkatkan kesehatan Bayi

Inisiasi menyusui dini dapat mengurangi angka kematian bayi baru lahir. Selain itu, dapat meningkatkan kesehatan, tumbuh kembang, dan membantu membangun daya tahan tubuh bayi. Kemudian, ASI juga sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan bayi.



Mamsi..melihat betapa pentingnya IMD, saya berusaha keras untuk bisa IMD, tapi sayang..RS dimana saya melahirkan belum mendukung penuh IMD.

Entah di karenakan saya waktu itu melahirkan secara SC atau lainnya..

Saya melahirkan SC dikarenakan lewat dari HPL lebih lama, takutnya anak saya meminum air ketuban..jadi suami menyetujui untuk SC.



Ini anak kedua saya, anak pertama saya juga melahirkan secara SC karena letak bayi sungsang. Anak pertama saya minim ilmu tentang menyusui, jadi saya memberikan nya sufor.

Dan untuk anak kedua ini, sebelum saya hamil..saya sudah mencari2 info tentang menyusui, saya bergabung di beberapa komunitas menyusui dll.

Pada waktu hamil, saya berkeyakinan bahwa saya bisa memberikan full ASI selama 2 tahun kepada anak saya.

Awal saya melahirkan di hari pertama, asi saya bener2 tidak keluar..saya coba pompa, alhamdulillah bisa keluar meskipun cuma seujung sendok kecil.

Saya berusaha terus untuk breastfeeding, karena isapan anak lebih kuat dari pompa asi. Anak saya masih belum bisa mengeluarkan asi, dia terus menangis karena ASI-nya tidak keluar..tp saya keras kepala dan yakin bahwa asi saya pasti bisa keluar.

Saya mencari informasi tentang booster asi yang terbaik, alhamdulillah saya Nemu HERBA ASIMOR, setelah saya meminumnya.. Alhamdulillah asi saya sedikit demi sedikit keluar dan bisa memberikan Asi ekslusif selama 6 bulan kepada anak saya.

Herba ASIMOR adalah produk herbal untuk membantu melancarkan ASI yang terbuat dari daun katuk dan daun torbangun yang dipercaya dapat membantu melancarkan produksi ASI dan juga mengandung tambahan bioactive protein fraction dari ikan gabus.
Komposisi dari Herba ASIMOR ini di tiap kaplet salut selaput mengandung :

🌱 Galatonol Ekstrak Sauropus androgynus folium & coleus amboinicus herba 300mg

🌱 Striatin ekstrak Channa striato & Ananas comosus 30 mg

🌱 Bahan tambahan: Titanium dioksida, FD&C Blue no.1 dan FD&C Yellow 5



Mamsi, kalau dilihat dari semua komposisi nya..terbukti nyata lhooo, kalau Herba ASIMOR ini bisa membantu melancarkan asi, karena saya sendiri sudah membuktikannya.

Buat semua Mamsi yang lagi hamil dan baru melahirkan, ayooo Mamsi..kita berusaha untuk bisa MENYUSUI anak kita, karena "MENYUSUI SEBAGAI LANGKAH PENTING MENGAWALI KEHIDUPAN BAYI"

Jangan lupa juga yaa Mamsi, persiapkan ilmu dan pengetahuan kita untuk menyambut IMD sejak masa kehamilan agar kebutuhan dasar anak kita untuk mendapatkan ASI bisa terpenuhi.


Semoga info dari saya ini bisa bermanfaat buat Mamsi semua yaa..

Terimakasih Mamsi sudah bersedia membacanya.. 😍😘


33 komentar:

  1. wah ilmu yang sangat bermanfaat sekali kebetulan kaka lagi cari booster asi nih mamsi makasih ya

    BalasHapus
  2. Semangat mengASIhi ya mam... Semoga adek tumbuh menjadi anak yang sehat. Aamiin

    BalasHapus
  3. Waahh pas bgt nih buat aku yg lg progam hamil. Nanti kl udah lahiran langsung deh cus pake ASIMOR

    BalasHapus
  4. Infonya sangat bermanfaat sekali yaaa...apalagi buat mamsi seperti saya ini..

    BalasHapus
  5. makasih ilmunya bunda sayang...insya allah sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Semangat mengASIhi ya mom... Terima kasih ilmunya yg InsyaAllah sangat sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bermanfaat kok.. Makasih byk yaa.. 🤗

    BalasHapus
  9. Ilmu yang sangat bermanfaat,apalagi saya lagi hamil semoga besok bisa mengASI juga 🤗

    BalasHapus
  10. Ilmu yg sngt bermanfaat...mksh infox...semangat y bunda

    BalasHapus
  11. Semangat mengASIi y mam.
    Terimakasih infonya sangat bermanfaat 😊

    BalasHapus
  12. best momen ya bunda... pejuang ASI sejati...

    BalasHapus
  13. Smart moment say..syukron infonya sgt bermanfaat

    BalasHapus
  14. Makasih banyak bunda cantik..sangat bermanfaat ilmunya buat para bunda" semua...

    BalasHapus
  15. Informatif bunda. MengASIhi butuh boster ya supaya makin lancarr

    BalasHapus
  16. Yuuuk semangat terus Bun.. semangat buat para pejuang ASI 💪

    BalasHapus
  17. Ilmu yang bagus. Thx atas informasinya dan sharingnya

    BalasHapus
  18. Ilmu dan info yang sangat bermanfaat untuk aku busui baru dari bayi 1,5 bulan 🤗

    BalasHapus
  19. Makasih mbak sudah berbagi ilmu, bermanfaat banget hehehe.

    BalasHapus
  20. Semangat bunda ,thank you sharing nya

    BalasHapus
  21. Makasih y Bun udah berbagi cerita tentang ASI.Bermanfaat sekali ini infonya untuk busui

    BalasHapus
  22. Aku juga minum ini supaya asi lancar moms

    BalasHapus
  23. Wahhh keren mba 1 ini.. Sukses ya.. Ak belum. Nulis sama sx inj

    BalasHapus